Bangga, Hasil Tangan Kreatif Orang Indonesia Ini Diakui Dunia


Menjadi warga negara Indonesia merupakan kebanggan tersendiri bagi kita. Selain memiliki kekayaan alam yang melimpah, Indonesia juga kaya akan budaya, tradisi dan lainnya. Bahkan dari sektor lain juga kita jumpai kerajinan khas Indonesia yang juga populer di luar negeri. Itu artinya, kerajinan hasil tangan kreatif masyarakat Indonesia memiliki nilai di mata dunia.

Lalu apa saja kerajinan khas Indonesia yang populer di luar negeri? Berikut ulasannya.

Wayang
Siapa yang menyangka bahwa wayang juga diminati oleh orang-orang luar negeri. Wayang yang lekat dengan budaya Jawa ini juga sudah diakui oleh UNESCO. Ini menjadi bukti bahwa wayang merupakan warisan budaya Indonesia yang memiliki prestige di kancah internasional. Baik wayang kulit atau wayang golek, keduanya memiliki estetika tersendiri. Bahkan sekarang ini wayang tidak hanya dimanfaatkan untuk pagelaran saja, melainkan juga dijadikan hiasan untuk interior rumah.

Batik     
Baru saja kita memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 02 Oktober kemarin. Dipilihnya tanggal 02 Oktober sebagai hari batik tentu menjadi bentuk apresiasi   bagi para pengrajin batik yang sudah berhasil menghasilkan karya yang bisa mengharumkan nama Indonesia. Batik yang dibuat dengan motif berbeda-beda dari setiap daerah lengkap dengan sentuhan warna yang menawan tentu saja membuat pemakainya terlihat elegan.

Apalagi saat ini batik terus diinovasikan menjadi kain yang modern. Ya, meski batik ini sempat dianggap sebagai kain yang monoton dan identik dengan pakaian formal, tapi kini sudah banyak desainer yang berhasil mengkreasikan batik menjadi pakaian-pakaian yang bisa dikenakan dalam berbagai kesempatan. Bisa formal maupun nonformal. Tidak sedikit pula artis luar negeri yang mengenakan batik sebagai kombinasi dari pakaian mereka. 

Ukiran Kayu
Kerajinan khas Indonesia selanjutnya adalah ukiran kayu. Karena Indonesia beriklim tropis, hal ini memberi pengaruh baik pada kualitas kayu yang tumbuh di negara ini. Lebih dari itu, kayu-kayu berkualitas ini semakin memiliki nilai di tangan orang-orang yang mahir mengukir kayu. Salah satu ukiran yang cukup terkenal adalah ukiran kayu dari Jepara. Bisa dilihat betapa detail dan cantiknya ukiran kayu yang berhasil dibuat oleh tangan-tangan kreatif ini. Tak heran jika akhirnya ukiran kayu ini bisa sampai ke Eropa.

Anyaman Bambu
Anyaman bambu dulunya hanya diaplikasikan pada perlengkapan dapur saja. Tapi saat ini kita bisa menemukan berbagai macam kerajinan dari anyaman bambu yang disulap menjadi barang-barang yang dapat dimanfaatkan sebagai interior rumah. Anyaman bambu ini bisa kita jumpai dalam bentuk meja, kursi, hiasan rumah dan lain sebagainya. Banyak pula turis mancanegara yang jatuh cinta dengan kerajinan khas Indonesia ini.


Demikianlah 4 kerajinan khas Indonesia yang populer hingga ke luar negeri. Kita patut berbangga akan prestasi gemilang ini. Pastikan kita juga lebih mengapresiasi keberadaan kerajinan khas buatan orang-orang kreatif Indonesia ini dengan membeli produk-produk lokal. Jangan tanyakan kualitas, sebab nyatanya kerajinan-kerajinan ini diakui di mata dunia. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.