Tips Jitu Untuk Menghemat Uang Belanja Bulanan


Hidup itu selalu penuh dengan pengeluaran, namun jangan sampai besar pasak daripada tiang alias lebih besar pengeluaran daripada pendapatan. Terutama untuk kaum ibu-ibu, pasti akan sangat sensitif dalam urusan uang belanja.
Berikut ini ada beberapa tips jitu untuk menghemat uang belanja Anda agar tidak boros tanpa harus ngirit secara berlebihan.

1. Fokus Pada Kebutuhan, Bukan Keinginan

Berapa banyak dari kita yang terlalu fokus dengan barang belanjaan yang kita inginkan, daripada yang benar-benar dibutuhkan. Sebetulnya membeli barang sesuai keinginan memang tidak salah. Namun, alangkah lebih baik apabila kita dapat mengendalikan nafsu berbelanja agar dapat lebih berhemat.

2. Survey Dahulu Setiap Ingin Belanja

Misalnya, kita ingin berbelanja sepatu dengan merek A. Biasanya, harga barang dengan merek yang sama di satu toko dengan toko lainnya akan berbeda, sehingga tidak ada salahnya jika Anda melakukan survey dengan membandingkan harga diantara toko-toko yang menjual barang serupa.

3. Catat Rencana Belanja dan Simpan Struk Bukti Pembelian

Agar mengetahui barang belanjaan apa saja yang sudah habis atau yang masih tersedia di rumah, catatlah rencana belanja Anda dan simpan atau tempel catatannya di tempat yang mudah ditemui misalnya pintu kulkas. Selain itu, simpan juga bon atau kertas struk belanja agar Anda dapat membandingkan daftar harga belanjaan di bulan yang lalu dan bulan ini.

4. Mulai Kurangi Penggunaan Kartu Kredit

Untuk yang sering berbelanja menggunakan kartu kredit, biasanya secara tidak sadar banyak orang yang sudah over budget karena tergiur dengan kemudahan berbelanja dengan bayar belakangan. Mulai mengurangi penggunaan kartu kredit tentunya akan lebih menjaga Anda dari berbelanja barnag yang tidak perlu.

5. Manfaatkan Kesempatan Berburu Diskon

Akses untuk mencari info diskon kini ada di genggaman. Melalui internet Anda bisa mencari info-info mengenai toko online atau tempat belanja lainnya yang sedang mengadakan diskon besar-besaran.

Menghemat pengeluaran adalah salah satu strategi untuk perencanaan keuangan, sekarang tidak perlu bingung lagi untuk menghemat uang dengan tips diatas. Dengan menghemat uang belanja, tentunya keuangan pun akan lebih terkendali dan tentunya Anda masih bisa menyimpan sebagian uang untuk ditabung.  

No comments:

Powered by Blogger.