4 Tips Memilih Harga Genset Murah Dan Berkualitas



Harga genset menjadi pertimbangan yang pertama sebelum membeli genset. Terlebih lagi jika budget yang disiapkan pas-pasan. Tentunya yang menjadi impian semua konsumen adalah mendapatan genset dengan harga murah dan berkualitas. Saat ini genset murah menjadi incaran banyak orang karena berbagai kebutuhan, entah digunakan secara pribadi atau untuk membantu proses produksi sebuah industri.

Yang menjadi keinginan konsumen ialah memaksimalkan budget yang telah disediakan untuk membeli genset yang pas dengan harga dan kualitas sesuai. Pada intinya yang menjadi keinginannya adalah membeli genset dengan harga yang murah dan disertai dengan kualitas yang tinggi.  Berikut  adalah tips memilih harga genset murah.

Menentukan Jenis Bahan Bakar Genset

Bahan bakar yang digunakan tiap genset juga mempengaruhi harganya. Jadi setiap genset memiliki harga yang berbeda-beda tergantung bahan bakar apa yang digunakan. Genset yang menggunakan bahan bakar gas merupakan genset yang dibanderol dengan harga tinggi dibandingkan dengan genset yang berbahan bakar solar, seperti halnya dengan bahan bakar lainnya yang digunakan memiliki perbedaan harga.

Bahan bakar yang digunakan untuk genset diantaranya, solar, bensin, atau gas dan ada pula jenis bahan bakar yang baru yakni dari urine. Namun untuk saat ini bahan bakar yang berasal dari urine belum diproduksi masal. Disamping itu hal yang harus dipertimbangkan selanjutnya adalah kemudahan dalam mendapatkan bahan bakar, jika bahan bakar yang digunakan langka otomatis uang yang dikeluarkan untuk membelinya semakin banyak.

Jenis genset dibagi menjadi 2 diantaranya adalah

·      Dilihat dari cara penyalaannya. Sangat bermacam-macam cara menyalakan genset diantaranya ada yang menggunakan starter seperhi halnya menghidupkan sepeda motor, dan ada pula yang menggunakan recoil sehingga ketika menyalakan harus diengkol atau ditarik menggunakan tuas. Namun sayangnya genset jenis starter ini hanya disediakan untuk yang memiliki daya 4000 watt.

·      Dari aspek bahan bakar. Ada genset yang diproduksi untuk bahan  bakar bensin ada pula yang berbahan bakar solar. Hanya saja yang menggunakan bahan bakar solar hanya tersedia pada untuk yang berkapasitas 4000 watt ke atas.

Tentukan Daya Genset Sesuai Dengan Kebutuhan

Semakin mahal harga genset semakin besar pula daya listrik yang dihasilkan oleh genset tersebut. Rata-rata daya terkecil genset yang tersedia adalah 500 watt, dan yang lainnya kisaran antara 1000 atau 1200 watt. Tidak ada salahnya jika Anda menghitung terlebih dahulu besar daya yang dibutuhkan untuk rumah Anda atau tempat bekerja saat keadaan darurat yang mengharuskan menyalakan genset sebagai penolongnya.

Membeli Perangkat Tambahan Yang Benar-Benar Dibutuhkan

Untuk mengoperasikan genset yang telah tersedia tentu dibutuhkan sedikit instalasi pada sistem listriknya. Perangkat yang harus dipasang salah satunya adalah switcher yang berfungsi untuk mengaktifkan kapan daya listrik akan digunakan dan kapan dayanya menggunakan genset.

Terdapat perangkat tambahan yang lain seperti alarm yang kegunaannya memberi tanda jika listrik sudah nyala kembali. Sebenarnya ada alat otomatis untuk fungsi ini namun harganya sedikit mahal.

Memilih Toko Genset Yang Memberikan Pelayanan Terbaik Dan Garansi Yang Jelas

Memilih toko yang menyediakan garansi yang jelas masuk dalam pertimbangan sebelum membeli genset. Agar memudahkan ketika tiba masanya genset tersebut bermasalah namun bukan karena kesalahan Anda dalam penggunaan. Misalnya kerusakan yang ada pada produk sejak awal,  untuk ini Anda bisa meminta perbaikan atau penggantian genset tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak, jika ada biaya yang dibutuhkan itupun tidak banyak.

Itulah beberapa tips memilih harga genset yang sesuai dengan budget Anda. Semoga dapat membantu Anda saat melakukan survey harga sesuai dengan tips yang telah dipaparkan di atas. Selain itu dapat dijadikan solusi cerdas dan bijak dalam memilih genset yang berkualitas. Semoga bermanfaat ya!

No comments:

Powered by Blogger.