Tips Memasang Aki Yang Anda Beli Di Toko Yang Jual Aki Dan Jenis-Jenis Aki Yang Harus Anda Ketahui



Tidak berbeda dengan komponen lainnya yang ada di mobil, aki juga harus diganti secara periodik dengan aki yang baru sebelum aki anda berhenti bekerja dan membuat mobil anda menjadi rusak. Sangat disarankan untuk membeli aki di toko-toko resmi yang jual aki agar anda tidak mendapatkan aki rekondisi. Apabila anda tidak selalu memiliki waktu untuk mengganti aki yang lama dengan aki yang baru, ketika anda mengganti aki lama anda di bengkel, anda bisa melihat bagaimana caranya mekanik bengkel melepas aki lama dan memasang aki yang baru. Jadi sewaktu-waktu aki anda harus diganti dengan yang baru, anda cukup membeli aki saja tanpa harus membawanya ke bengkel, dan memasang aki tersebut sendiri di rumah. Namun anda tetap harus berhati-hati dalam memasang aki agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. Pemasangan yang kurang tepat dapat berbahaya dan bahkan dapat merusak mobil anda.

Salah satu hal yang dapat menyebabkan mobil rusak dari aki yang anda beli di toko yang jual aki adalah pemasangan yang tidak benar adalah rusaknya ECU sehingga kinerjanya tidak maksimal. Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan apabila ingin memasang aki sendiri di rumah tanpa merusak ECU. Pertama, apabila anda ingin memasang aki dalam keadaan mobil menyala, anda harus memasang aki secara cepat, kurang dari 20 detik. Mobil dihidupkan dengan menggunakan starter, lalu terminal min dan plus aki lama dilepas. Hanya saja walaupun mobil dalam keadaan menyala, ac, radio, lampu dan lainnya harus dalam keadaan mati atau tidak hidup. Mulai dari pelepasan aki lama hingga pemasangan aki yang baru, anda hanya memiliki waktu 20 detik saja. Kedua, bila anda memasang aki baru yang telah anda beli di toko yang jual aki, anda bisa memasangnya di mobil dalam keadaan mati. Hanya saja kesulitannya adalah anda harus menyediakan kabel jumper dan juga mobil lainnya yang bisa digunakan untuk membantu mengalirkan listrik ke mobil anda. Apabila anda adalah pemula yang tidak terlalu paham dengan mekanika mobil, lebih baik menyerahkan pemasangan aki kepada mekanik bengkel yang sudah biasa melakukan pelepasan dan pemasangan aki.

Jika anda bersikeras untuk memasang aki sendiri walaupun tanpa pengalaman, maka pasokan listrik ke ECU dapat mengalir secara tidak sempurna dan bisa menyebabkan ECU rusak. Tidak hanya itu saja, berbagai aksesoris dalam mobil yang membutuhkan aliran listrik seperti lampu, ac, radio, televisi dan lain sebagainya dapat rusak. Untuk mengembalikan ECU dalam keadaan semula, anda harus melakukan reset terhadap ECU. Ingin menghemat waktu agar tidak ke bengkel, namun yang anda dapatkan malah sebaliknya. Maka dari itu setelah anda membeli aki di toko resmi yang jual aki, anda bisa datang ke bengkel langganan anda, atau anda bisa langsung membeli aki baru di bengkel langganan anda.

Mengetahui cara memasang aki memang penting, namun lebih penting lagi mengetahui jenis aki apa yang akan anda beli. Ada beberapa jenis aki yang dapat anda beli untuk menggantikan aki lama anda yang sudah rusak. Berikut beberapa diantaranya.

·         Aki basah

Jenis aki yang satu ini adalah jenis aki yang paling banyak anda temukan di bengkel maupun di toko-toko yang jual aki. Tidak hanya di bengkel atau toko besar, namun anda juga bisa menemukannya dengan mudah di bengkel ataupun toko kecil di pinggir jalan. Karena memang aki basah merupakan aki yang paling standar dan banyak digunakan oleh kendaraan bermotor. Ciri dari aki basah adalah didalamnya terdapat cairan H2SO4 (asam sulfat). Kelebihan dari aki basah adalah ketika anda membeli di toko yang jual aki, anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah daripada jenis aki lainnya seperti aki kering. Anda pun bisa menggunakan aki ini hingga berulang kali, anda cukup melakukan perawatan dan juga mengisi cairan nya ketika sudah mau habis. 


·         Aki kering

Aki kering merupakan aki yang tidak kalah populer dengan aki basah. Walaupun disebut sebagai aki kering, bukan berarti aki yang bisa anda dapatkan di toko jual aki ini tidak memiliki cairan di dalamnya. Aki ini memiliki cairan juga sama seperti aki basah, hanya saja terdapat segel yang dapat mencegah agar cairan di dalam aki tidak menguap dan tidak tumpah. Kelebihan dari aki kering adalah anda tidak perlu melakukan perawatan khusus seperti aki basah. Salah satu merek aki kering yang dapat anda gunakan adalah NS Battery seperti seri NS Cheetah atau NS Jaguar karena aki yang satu ini memiliki daya tahan dan juga performa yang sangat bagus walaupun memiliki harga yang relatif murah bila dibandingkan dengan merek aki lainnya yang ada di pasaran.

No comments:

Powered by Blogger.