Mau Shopping Di Luar Negeri Tapi Takut Kena Bea Cukai?


Sepertinya susah untuk menahan keinginan shopping ketika sedang ada di luar negeri. Jika Anda punya Kartu Platinum dari HSBC, Anda pasti kegirangan. Dengan menggunakan kartu kredit ini, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan, mulai dari cicilan yang ringan hingga potongan harga yang begitu besar. Lebih dari itu, kartu kredit ini bisa digunakan di berbagai negara. Jadi, semakin sulit untuk menahan rasa ingin belanja, bukan?

Sayangnya, sekarang ini sudah ada aturan yang semakin ketat. Semua barang branded yang masuk ke dalam negeri akan dikenakan bea cukai. Maunya bisa belanja barang branded lebih murah ketika berada di luar negeri, tapi ternyata justru jatuhnya lebih mahal. 

Lalu, bagaimana cara agar terhindar dari bea cukai? Sebenarnya, tidak ada caranya. Apapun barang yang Anda beli di luar negeri dengan ketentuan tertentu, maka Anda akan dikenakan pajak atau bea cukai. Akan tetapi, ada cara yang legal untuk Anda lakukan agar barang branded yang Anda beli di luar negeri tidak terkena bea cukai.

Namun, sebelumnya, Anda harus ketahui dulu apa saja barang yang kena bea cukai. Yang pasti, ketika Anda suka koleksi barang branded yang harganya selangit, saat itulah ada kebutuhan kartu kredit.

Barang yang Kena Bea Cukai

Secara umum, barang branded yang harganya super mahal sudah dipastikan akan dikenai bea cukai. Itu cara mudahnya. Namun, Anda juga perlu tahu berapa harga barang yang akan dikenai bea cukai.

Jika Anda sendirian dari luar negeri dan Anda membawa barang dengan harga di atas US$ 250, Anda harus membayar bea cukai. Di bawah harga tersebut, Anda bebas. Sementara itu, ada batasan lain untuk keluarga, yaitu US$ 1,000. Di bawah harga tersebut, bea cukai ditiadakan.

Akan tetapi, ada hitung-hitungannya lagi. Ada bea masuk, PPN, PPh, dan PPNBM. Jadi, jangan kaget jika pajak yang harus Anda bayar ke pemerintah begitu banyak. Sekalipun Anda membeli barang tersebut dengan menggunakan Kartu Platinum HSBC dengan harapan agar lebih murah, namun ternyata jatuhnya lebih mahal. Pasalnya, Anda harus bayar pajak.

Sebenarnya, bukan hanya barang mewah saja yang kena bea cukai. Beberapa item berikut ini juga akan dikenakan pajak.

Barang Bawaan yang Berlebihan
Ada barang yang harus ditaruh di bagasi. Umumnya, barang tersebut sangat banyak dan berat. Akan tetapi, bukan berarti tidak ada batasannya. Setiap penumpung memiliki batasan untuk di bagasi. Jika berlebihan, maka akan dikenakan bea cukai.

Uang Berlebihan
Jangan sekali-kali Anda membawa uang luar negeri ketika pulang ke Indonesia dalam jumlah yang berlebihan. Menurut Undang-Undang, jika Anda membawa uang asing yang ketika di kurs kan ke rupiah mencapai Rp 100 juta, maka Anda harus membayar pajak.

Para traveler pasti sudah mengenai tentang hal ini. Mereka biasanya tidak lagi membawa uang cash, entah itu ketika pergi atau pulang. Mereka mengandalkan Kartu Kredit Platinum HSBC. Selain agar menghindari terkena pajak, kartu kredit juga lebih mudah untuk digunakan ketika di luar negeri.

Barang Elektronik
Pihak bea cukai akan mencurigai barang bawaan yang berupa barang elektronik. Apalagi barang tersebut masuk terlihat sangat baru. Masih ada bungkusnya. Anda akan dikenai bea cukai.

Kalaupun Anda membeli barang elektronik seperti handphone, sebaiknya Anda gunakan secara langsung saja. Jangan sampai masih di dalam bungkus dan Anda taruh di bagasi.
Nah, sekarang Anda sudah tahu kan apa saja yang kemungkinan besar terkena bea cukai?

Tips Agar Barang Branded Tidak Kena Bea Cukai
Dari penjelasan di atas, sebenarnya Anda sudah mendapatkan beberapa poin agar terhindar dari bea cukai ketika Anda membawa barang branded dari luar negeri.

Yang pertama, jangan membawa barang yang berlebihan. Apalagi jika di dalamnya ada barang branded atau barang elektronik. Ketika barang bawaan Anda berlebihan saja, pihak bea cukai akan memeriksa. Apalagi jika ternyata di dalamnya ada barang mewah. Sudah pasti Anda harus bayar pajak.

Yang kedua, gunakan saja langsung barang branded yang Anda beli. Jika Anda ke luar negeri dan memang berniat untuk membeli barang branded seperti tas misalnya, sebaiknya Anda langsung gunakan. Jadi, dalam dalam negeri, Anda tidak perlu bawa banyak tas. Jika perlu, bawa satu koper saja. Sementara itu, ketika Anda pulang, Anda bisa gunakan langsung barang branded yang baru saja Anda beli.

Yang ketiga, beli secara online. Ini cara yang paling aman, sebenarnya. Sekarang ini, sudah ada situs jual beli barang branded dari luar negeri. Jadi, Anda tidak harus pergi ke luar negeri. Ataupun ketika Anda beli di luar negeri, mintalah pihak toko online untuk mengirimkan barang tersebut ke alamat rumah Anda. Anda tetap bisa menggunakan Kartu Platinum dari HSBC agar bisa mendapatkan potongan dengan cicilan yang rendah. Namun, Anda jangan bawa sendiri. Biarkan barang dikirim. Ini jauh lebih aman dan jauh lebih murah daripada Anda terkena bea cukai saat di bandara.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan apa yang harus dilakukan? Yang pasti, cara tersebut di atas sama sekali tidak melanggar aturan. Dan jangan sampai Anda melanggar aturan. 

Sebenarnya, sudah ada juga barang branded buatan dalam negeri. Jadi, selain Anda menggunakan kartu Platinum dari HSBC untuk membeli barang branded dari luar negeri, mengapa tidak pilih produk dalam negeri saja?

No comments:

Powered by Blogger.