Sebelum Tahu Harga Knalpot Motor, Ketahui 5 Cara Tepat Merawat Knalpot Motor Ini!



Harga knalpot motor cukup variatif, ini tergantu pada kualitas dan keaslian knalpot itu sendiri. Adanya komponen ini memudahkan proses mengeluarkan pembakaran dari motor. Sayangnya, tidak jarang kita mendapati knalpot yang kurang terawat. Bahkan ada yang sampai keropos dan berkarat.

Memang keropos dan karat pada knalpot ini tidak mempengaruhi kinerja mesin, hanya saja ini akan mengurangi tampilan dari motor Anda. Umumnya knalpot bisa berkarat karena disebabkan terlalu sering terkena air hujan maupun kotoran yang dibiarkan mengering pada knalpot.

Motor yang digunakan bisa rusak seiring dengan frekuensi penggunaan sepeda motor tersebut. Namun ketika motor dirawat dengan baik, maka umur motor bisa lebih panjang. Merawat di sini tidak hanya sekadar rajin mencucinya saja, melainkan juga rutin mengecek dan melakukan servis pada tiap-tiap komponen motor. Tidak terkecuali pada knalpot ini. Lantas bagaimana cara tepat merawat knalpot? Berikut uraiannya.


      1.      Beri oli pada lubang knalpot

Semahal apa pun harga knalpot motor akan mudah rusak apabila tidak dirawat dengan benar. Salah satu cara merawatnya adalah dengan memberikan oli ke dalam lubang knalpot. Masukkan oli ketika knalpot sedang dalam kondisi panas sehingga oli akan menguap lalu menempel pada dinding knalpot.


Ketika oli sudah menempel pada dinding silinder knalpot, maka knalpot akan senantiasa basah sehingga tidak mudah berkarat.


      2.      Drainase tidak tertutup

Knalpot memiliki bagian drainase yang berfungsi sebagai jalan keluar air yang masuk ke dalam silinser. Bagian ini umumnya terletak pada bagian bawah ujung silenser dan dekat dengan leher knalpot. Nah, coba masukkan lidi ke dalam lubang drainase tersebut untuk memastikan bahwa lubang tidak tertutup atau tidak buntu.


      3.      Menghilangkan karat

Apabila knalpot motor Anda terlanjur berkarat, ada baiknya segera dibersihkan. Karat tersebut bisa dibersihkan dengan memanfaatkan sikat dan sabun. Karat yang dibiarkan menumpuk dan menyebar lama kelamaan akan membuat bodi knalpot keropos. Untuk itu segera hilangkan karat apabila Anda mendapati knalpot yang berkarat.


      4.      Siram dan bersihkan knalpot setiap kali kehujanan

Seperti yang sudah disinggung di awal, knalpot yang sering terkena air hujan lebih rentan berkarat. Nah, agar hal ini tidak terjadi pada knalpot motor Anda, usahakan untuk langsung menyiram dan membersihkan knalpot setiap kali knalpot terkena air hujan.


Apa lagi air hujan ini tidak hanya mengancam kualitas knalpot, melainkan komponen motor lainnya. Ya, bodi motor yang sering terkena air hujan juga memungkinkan mengalami penurunan kualitas cat motor. Untuk bagian knalpot itu sendiri yang paling rawan berkarat adalah bagian leher knalpot.


      5.      Gunakan knalpot original

Tidak dipungkiri bahwa awet tidaknya knalpot juga dipengaruhi oleh kualitasnya. Knalpot original tentu memiliki ketahanan lebih terhadap karat, lain halnya dengan knalpot kualitas KW yang lebih mudah mengalami kerusakan, termasuk berkarat.


Jadi, apabila knalpot Anda terlanjur rusak, ada baiknya segera menggantinya dengan yang baru. Pastikan juga untuk memilih knalpot yang original. Harga knalpot motor kualitas original ini juga berbeda-beda, tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan.


Demikianlah 5 cara merawat knalpot motor yang bisa Anda terapkan di rumah. Peran knalpot sangat berpengaruh pada kinerja motor, sebab knalpot ini lah yang menjadi bagian untuk mengeluarkan pembakaran pada motor. Untuk itu usahakan untuk merawatnya dengan baik dan benar agar masa guna knalpot bisa bertahan lama.

No comments:

Powered by Blogger.